Diet Khusus Penderita Gastritis, Seperti Apel Harus Dimakan dan Kopi Harus Dihindari

Penderita Gastritis yang tetap ingin menjalankan diet dapat melakukannya dengan cara ini

Diet untuk penderita Gastritis
Diet untuk penderita Gastritis (unsplash/Brooke Lark)

GREGET.co.id – Lapisan dalam lambung sangat penting karena memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaan seseorang.

Hal ini juga bertanggung jawab untuk menghasilkan asam dan enzim di perut Anda yang diperlukan untuk memecah makanan, sehingga tubuh dapat mengekstraksi nutrisi yang dibutuhkannya.

Lapisan tersebut juga mengeluarkan lendir untuk melindungi lambung itu sendiri dari kerusakannya akibat cairan asam.

Namun, dilansir tim Greget.co.id dari Healthifyme, terkadang lapisan tersebut meradang dan mulai mengeluarkan lebih sedikit asam, enzim, dan lendir.

Jenis peradangan ini dikenal sebagai gastritis, dan sering dikaitkan dengan rasa sakit dan ketidaknyamanan di perut.

Gastritis didefinisikan sebagai suatu kondisi di mana lapisan pelindung lambung mengalami peradangan.

Biasanya diklasifikasikan menjadi dua jenis, pertama adalah gastritis akut dan kedua disebut gastritis kronis.

Gastritis akut melibatkan peradangan lapisan yang parah dan tiba-tiba. Padahal, gastritis kronis dikaitkan dengan peradangan jangka panjang yang bisa berlangsung bertahun-tahun; jika tidak diobati, dapat menyebabkan perdarahan perut atau dapat meningkatkan risiko terkena kanker perut.

Ada satu klasifikasi gastritis lagi, yang disebut Gastritis Eosif. Ini adalah bentuk kondisi yang kurang umum yang tidak menyebabkan banyak peradangan, namun dapat menyebabkan perdarahan dan bisul di lapisan perut.

Baca juga: Semua tentang Kopi Hitam, dari Nilai Gizi, Manfaat, Cara Pembuatan, hingga Efek Sampingnya

Apa saja Gejala Gastritis?

Di bawah ini disebutkan gejala gastritis yang paling umum:

  • Muntah
  • Mual
  • Gangguan pencernaan
  • Kehilangan selera makan
  • Cegukan
  • Sakit perut
  • Ketidaknyamanan perut
  • Perasaan kenyang di perut bagian atas

Dalam kasus gastritis erosif, Anda mungkin mengalami beberapa gejala tambahan, seperti:

  • Feses berwarna hitam atau lembab
  • Muntah darah atau zat hitam atau lengket

Apa itu Diet Gastritis dan Siapa yang Harus Mengikutinya?

Tidak dapat disangkal fakta bahwa diet memainkan peran penting dalam menjaga sistem pencernaan dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Jika Anda menderita gastritis atau mengalami gangguan pencernaan, sakit perut, mual, dan perasaan kenyang, Anda harus mengikuti diet gastritis.

Tujuan utama dari diet gastritis adalah untuk mengendalikan infeksi Helicobacter pylori (H. pylori) dan meringankan gejala gastritis.

Diet gastritis harus mencakup item makanan berikut:

1. Makanan berserat tinggi, termasuk biji-bijian, buah-buahan dan sayuran

Serat makanan yang tidak tercerna menghasilkan asam lemak rantai pendek yang memiliki efek menguntungkan pada bakteri usus.

2. Makanan tinggi protein, seperti daging unggas, ayam, dan ikan berlemak

Protein dikenal untuk memperbaiki lapisan perut yang rusak.

3. Makanan yang diperkaya dengan lemak sehat, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian

Makanan yang kaya asam lemak omega-3 (tak jenuh ganda) membantu mengurangi peradangan perut.

4. Diperkaya dengan probiotik

Penelitian menunjukkan bahwa probiotik atau bakteri baik meningkatkan kesehatan usus. Ini membantu memberantas H. pylori dan mengurangi peradangan perut.

5. Makanan kaya flavonoid seperti rempah-rempah, bumbu dapur, dan bumbu masak

Makanan yang kaya flavonoid menunjukkan sifat antibakteri yang dapat membasmi H. pylori.

Dua hal yang perlu diperhatikan saat mengikuti diet gastritis adalah:

  • Jangan makan tepat sebelum waktu tidur: Beri jeda 2-3 jam antara waktu makan dan waktu tidur.
  • Makan dalam porsi kecil dan sering: Jika Anda menderita gastritis, mudah bagi perut Anda untuk mentolerir makanan kecil dan sering daripada makanan besar.

Makanan Apa yang Harus Dimasukkan dalam Diet Gastritis?

Apel, salah satu makanan yang harus dimasukkan dalam menu diet Gastritis
Apel, salah satu makanan yang harus dimasukkan dalam menu diet Gastritis (Unsplash/Stepan Babanin)

Berikut adalah beberapa makanan yang bekerja paling baik dalam mengatasi gejala gastritis:

1. Teh Hijau dengan Madu Manuka

Studi menunjukkan bahwa minum teh hijau atau hitam setidaknya sekali seminggu dapat secara signifikan mengurangi prevalensi H. pylori, sejenis bakteri yang umumnya menyebabkan sakit maag dan gastritis.

Madu manuka mengandung sifat antibakteri yang membantu melawan infeksi. Menambahkannya ke dalam teh hijau mungkin terbukti bermanfaat.

2. Apel

Apel, kaya akan flavonoid, menunjukkan efek antioksidan dalam tubuh. Mereka juga diperkaya dengan serat, yang bermanfaat bagi penderita gastritis. Makanan yang mengandung flavonoid lainnya termasuk bawang bombay, bawang putih dan seledri.

3. Cranberry

Sama seperti apel, cranberry juga kaya akan flavonoid dan serat sehingga membantu meredakan gejala gastritis.

4. Yogurt

Yoghurt mengandung bakteri baik seperti Streptococcus thermophilus dan L. bulgaricus. Bakteri ini diketahui meningkatkan kesehatan usus dengan mengurangi prevalensi H. pylori dan bakteri penyebab infeksi di perut.

Beberapa item makanan lain yang harus dimasukkan dalam diet gastritis adalah:

  • Makanan rendah lemak
  • Makanan rendah gula
  • Makanan asam rendah
  • Minuman bebas kafein
  • Minuman non-karbonasi

Item Makanan Apa yang Harus Dihindari dalam Diet Gastritis?

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dianggap paling buruk untuk mengatasi gejala gastritis:

1. Kopi

Kopi, salah satu yang harus dihindari saat diet Gastritis
Kopi, salah satu yang harus dihindari saat diet Gastritis (Unsplash/Mike Kenneally)

Meskipun kopi dapat membantu Anda bergerak di pagi hari, kopi juga memaksa perut untuk mengeluarkan asam lambung dalam jumlah besar, yang dapat meningkatkan iritasi yang ada.

Jika Anda menderita gastritis ringan, Anda mungkin dapat mentolerir secangkir kopi dalam sehari tetapi, lebih dari itu bisa memicu ketidaknyamanan. Juga, harap dicatat bahwa kopi tanpa kafein mungkin juga bukan pengganti yang bagus.

2. Alkohol

Minuman beralkohol, termasuk anggur, bir, dan minuman campuran diketahui dapat mengiritasi lapisan lambung dan memperburuk gejala gastritis. Faktanya, sebuah penelitian pada tahun 2002 mengungkap gejala fisik gastritis pada orang yang mengonsumsi alkohol secara kronis selama lima tahun atau lebih.

3. Soda

Seperti kopi dan alkohol, soda juga diketahui memperburuk gejala gastritis. Coba ganti soda dengan limun tanpa pemanis yang dapat menenangkan perut Anda.

4. Susu

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi susu menggandakan produksi asam lambung, yang dapat memperburuk gejala gastritis. Kelegaan apa pun yang dialami setelah minum segelas susu cenderung bersifat sementara dan dalam beberapa jam, gejalanya dapat memburuk.

5. Gorengan

Tidak peduli betapa menggoda untuk meraih keripik atau kentang goreng, makanan tersebut dapat mengiritasi perut Anda yang sudah meradang. Selain itu, karena sulit dicerna, gejala gastritis dapat memburuk.

Written by Yora

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0